Selasa, April 07, 2009

TUBAN BENAR-BENAR SEMARAK

Tuban merupakan daerah yang mulai bergelliat untuk membangun dan mengembangkan dirinya, ada yang menarik untuk dikunjungi di kabupaten ini. Mulai dari budaya, wisata, produk kerajinan, industri, hasil pertanian, Olahan bahan industri setengah jadi dan yang sudah jadi, tak lupa juga dengan makanan yang unik di kabupaten ini karena ada pengaruh adat Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta pengaruh kuat dari Timur Tengah dan China (wilayah kota)

(pemandangan desa dermawu harjo)

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang keadaan alam, dan potensinya serta informasi yang resmi tentang tuban coba klik link yang telah tersedia.

Link (tautan) di bawah ini berisi informasi umum mengenai Kabupaten Tuban mulai dari A sampai Z secara garis besarnya, untuk hal-hal yang lebih rinci anda bisa ikuti penelusuran ling yang ada pada Blog ini.

  • Berikut ini adalah link peta Kabupaten Tuban yang bisa anda nikmati dalam bentuk 3 Dimensi Peta tuban 3D
Dan bagi anda yang bergerak dalam ekonomi dan bisnis perlu sekali bagi anda sebelum datang ke Kabupaten Tuban untuk sekedar reverensi tentang produk unggulan dan olahan hasil industri serta produk kerajinan yang mungkin membuat anda tertarik untuk dikembangkan atau sekaligus menanam investasi, atau bertransaksi secara langsung maka tautan berikut ini bisa membantu anda : tubanstore
(wilayah pertanian desa dermawu harjo)
Selain hal di atas Tuban juga memiliki daerah wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata religius, maupun wisata budaya dan pendidikan. Tautan berikut ini menyediakan informasi lengkap mulai dari foto, vidio, dan teks, cobalah klik dan buktikan ! (lereng pegunungan desa menyunyur)
(lereng perbukitan di Kec. Rengel)
Mungkin ada sebagian dari pembaca yang penasaran mencari Tempat makan-minum yang berciri khas Tuban. Ada minuman khas Tuban (Legen Asli) yang sangat menggoda dan dijamin pasti ingin mencicipinya kembali,Untuk makanan seperti Rajungan, Pepes belut, krengsengan belut, Pepes Kodok, Ayam Panggang Bektiharjo. Keunikannya Setiap masakan tersebut mempunyai cita rasa berbeda di beberapa tempat (daerah/kelompok desa) tertentu karena pengaruh adanya beragam budaya kuliner yang mempengaruhinya seperti daerah yang dekat dekat dengan jawa tengah masakannya agak lebih manis, untuk daerah kota punya pengaruh yang banyak sekali jadi tiap lokasi makan akan punya cita rasa sendiri, dan makin ke timur cita rasanya hampir mengikuti rasa masakan gresik dan surabaya, untuk minumannya yang sangat menggoda yaitu “Legen”, yang konon bisa meluruhkan sakit batu ginjal. Minuman Legen merupakan minuman khas daerah Tuban terbuat dari air dahan bunga pohon Siwalan yang banyak bertebaran di daerah Tuban dengan tanpa dilakukan fermentasi, rasanya manis khas, segar dan enak, sekali mencicipi pasti dijamin ingin mencicipinya kembali. Tapi sayang, ada beberapa oknum yang sengaja mencampurnya, sehingga rasanya menjadi lain, jadi bagi para wisatawan yang sengaja berkunjung ke kota kami Tuban tercinta, apabila ingin merasakan Minuman Legen asli mesti selektif dan nanya nanya terlebih dahulu kepada masyarakat setempat, dijamin mereka pasti tau dimana bisa mendapatkan Legen asli, dan biasanya membelinya langsung datang kerumah orang yang berjualan. Minuman Legen lebih enak lagi apabila didapatkan pada musim kemarau. Minuman ini sangat cocok sekali apabila dihidangkan dingin-dingin atau diberi es batu. Apabila anda-anda ingin berkunjung ke kota kami atau sekedar ingin melepas lelah dalam perjalanan dan berhenti ke kota kami, jangan lupa untuk rajin bertanya apabila ingin mendapatkan wisata kuliner kota Tuban, dijamin wisata kuliner kota Tuban sangat menyenangkan dan anda akan merasa puas.
  • PUSAT JAJANAN DI PAGI HARI
Kota Tuban mempunyai pusat grosir/eceran jajanan yang cukup lengkap sayangnya anda cuma dibatasi hanya sekitar 3 jam (mulai ada setelah subuh sampai jam sekitar jam 06.00 pagi) untuk melakukan transaksi di sana. Tempat ini letaknya ada di Jalan Pemuda perbatasan Kelurahan Sidomulyo dan Kelurahan Kutorejo, lokasinya ada di kiri dan kanan jalan Pemuda. Bentuknya menyerupai pasar tumpah jadi anda bisa bebas memilih-milih jajanan yang anda sukai, mulai dari kue basah, roti dan kue kering atau gorengan. Menu jajanannya sangat bervariasi sekali dan jika anda datang lebih pagi anda dapat membeli dengan harga yang masih miring jika membeli cukup banyak. Jika sudah agak siang dagangan sudah berpindah tangan ke para pedagang pengecer. Jajanan yang dijual antara lain :
  • Jenis Roti : gulung, donat, keju, salju, brownies, spekuk, tawar, manis, 4 rasa, aneka rasa, dll
  • Makanan : Nasi kuning, uduk, ketan, pecel, rames, mie, kering tempe, teri balado, sambal goreng, dll
  • Jajanan : Bikang, bikang ambon, putri ayu, lemper, jenang, klepon, puthu ayu, gemblong, bugis, jongkong, lemet, gethuk, kamer, prol, dll.
  • Gorengan : lumpia. tahu isi, ote-ote, tempe, pelas, martabak mini, gendos, jemblem, dll
  • anda juga dapat menjumpai beberapa jenis minuman dan lauk jika beruntung
Selamat ber wisata kuliner jika sempat mampir ke Tuban.
  • MASAKAN NDESO PEDAS dan GURIH
Jika anda suka masakan ala ndeso yang tidak terlalu jauh dari kota maka anda dapat pergi ke sebelah selatan kota, tapi jangan harapkan tempatnya sebagus di restoran tapi suasananya akan berbeda dan ngangeni, ada kenangan tersendiri bagi lidah anda disini. Desa yang bisa anda kunjungi adalah Karang, Tegal agung, prunggahan, gedong ombo, dan Semanding. Walaupun ciri masakannya agak mirip sama tapi cita rasanya bisa berbeda. Masakan disini cenderung berbumbu kuat dan kental, gurih, pedas dan banyak santan. Jenis masakan yang umum dijual disini adalah : Lontong dengan bumbu Lodeh dan Kare, Becek Menthok dan Sapi, Sate kambing, bekicot, Belut krengsengan, pepes dan ungkep, Ulas-ulas ikan pari asap atau ikan laut asap, Kodok bumbu mangut dan pepes kodok, Rawon, Pecel, ayam panggang, asem-asem, garang asem Untuk nasi ada nasi putih dan jagung tersedia hampir di semua warung tersebut. Di Desa Semanding/bekti harjo masakan spesialnya adalah ayam panggang. dari desa ini juga jika anda beruntuk saat musim buah delima anda dapat membeli dengan harga yang miring langsung dari petani. Di desa Prunggahan lebih terkenal kacang, kelapa, minuman legen dan tuak yang rasanya lebih spesial. Di desa Tegal agung lebih terkenal dengan masakan Kodok, belut dan menthok Di desa karang lebih terkenal dengan masakan menthok dan belut Di Desa Gedong Ombo tepatnya di Jalan Manunggal (jalur Pantura) disini masakannya lebih bervariasi ada Rajungan, Asem-asem, Garang asem, sate dsb Masakan Asem-asem tidak sama dengan sayur asem, di Tuban yang disebut dengan asem-asem adalah masakan daging dekat tulang sapi atau ayam dengan rasa yang segar cocok untuk siang hari. Sedangkan Garang asem yang diolah adalah ikan laut, biasanya yang diolah adalah ikan Kerapu, Kakap, Dorang, Manyung atau sembilang, kadang kala mereka juga menyediakan kepala ikan yang diolah khusus. Pada Malam Hari ada tempat mangkal khusus bagi para pedagang kaki lima dan penjaja makanan, yaitu di seputar Patung Jalan Sunan Kalijaga dengan menu berupa nasi goreng, aneka mie, jajanan, siomay, batagor, empek-empek, bakso, seafood, dll, untuk seputar alun-alun tepatnya di belakang pos polisi dekat pantai BOOM juga ada tempat yang sama tapi di sini sudah agak tertata rapi. Jika anda merasa kesulitan menentukan pilihan cobalah bertanya terlebih dahulu pada masyarakat sekitar beberapa kali. Untuk tempat makan yang kelasnya di atas warung tentunya menu masakannya lebih bervariasi dan ciri khas Tuban sudah banyak berbaur dengan citarasa masakan yang lain karena menyesuaikan konsumennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar